3 Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Bagi anda yang mengalami kelebihan berat badan, sebaiknya dalam menjalani diet harus memilih metode yang tepat. Menurunkan berat badansecara alami yang paling aman adalah dengan berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi. Proporsi tubuh setiap manusia berbeda-beda, sehingga dibutuhkan penghitungan khusus di awal jika anda ingin melakukan pola diet dan penurunan berat bada. Dokter khusus biasanya akan menghitung jumlah kalori dan proporsi masa lemak, masa air dari bobot tubuh, sehingga dapat menemukan metode diet yang tepat.

Hal yang paling efektif untuk cara diet sehat alami dimulai dari makanan. Banyak orang yang saat ini menerapkan diet rendah sumber karbohidrat. Diet ini dianggap lebih efektif untuk menurunkan berat badan dan dianggap lebih dapat mempertahankan berat badan Berikut adalah beberapa cara menurunkan berat badan yang menggunakan pola makan sehat, berpotensi menurunkan karbohidrat, dan bertujuan untuk:

  • mengurangi nafsu makan
  • menyebabkan penurunan berat badan dengan cepat
  • memperbaiki dan menyehatkan sistem metabolisme tubuh

Adapun tiga langkah sederhana menurunkan berat bada secara alami diantaranya:

1. Kurangi karbohidrat olahan

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan secara alami adalah dengan mengurangi karbohidrat olahan yang mengandunggula dan pati yang paling utama. Perbanyak minum air putih bukan minuman yang mengandung gula, makan makanan dengan olahan biji-bijian dan metode pemasakan yang direbus, tidak digoreng, ini bida menjadi pilihan alternatif anda untuk mengurangi karbohidrat olahan. Ketika Anda melakukan itu, tingkat rasa lapar anda turun, dan anda biasanya makan lebih sedikit kalori.

Dengan rencana makan rendah karbohidrat, anda akan menggunakan pembakaran lemak yang tersimpan untuk energi, bukan karbohidrat. Jika Anda memilih untuk makan karbohidrat yang lebih kompleks seperti biji-bijian bersama dengan defisit kalori harian, anda akan mendapat manfaat dari serat yang lebih tinggi dan mencernanya lebih lambat. Sebuah studi 2020 menegaskan bahwa diet karbohidrat sangat rendah adalah bermanfaat untuk menurunkan berat badan pada populasi yang lebih tua. Penelitian juga menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat dapat mengurangi nafsu makan.

2. Makan protein, lemak, dan sayuran

Setiap makanan menurunkan berat badan secara alami anda harus mencakup:

  • sumber protein sumber
  • lemak
  • sayuran
  • sebagian kecil karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian

3. Olahraga

Olahraga dibutuhkan untuk menurunkan berat badan secara alami dan dapat membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat.

Melakukan olahraga seperti lari, atau angkat beban, anda dapat membakar kalori dan mencegah perlambatan metabolisme pada tubuh. Jika anda melakukan olahraga di gym, usahakan untuk memiliki pelatih pribadi dan meminta saran latihan yang sesuai dengan tubuh anda. Pilihan peralatan yang tepat akan membuat anda lebih nyaman dan lebih relaks dalam melakukan pelatihan penurunan berat badan.

Bagi anda yang mungkin kurang suka dengan latihan beban, anda bisa melakukan olahraga lari, renang hingga cardio, agar penurunan berat badan anda tidak hanya menghilangkan masa lemak tetapi juga memperkuat masa otot.

Leave a Comment

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: