Apa Itu Pasar Uang Dan Pasar Modal? Ini Dia Jawabannya

Di zaman yang modern ini telah banyak kalangan remaja yang tidak asing lagi dengan istilah pasar uang dan pasar modal. Namun pada kalangan masyarakat tertentu masih banyak yang belum mengenal kedua pasar tersebut. Untuk memudahkan memahaminya maka artikel kali ini akan membahas lengkap mengenai kedua pasar tersebut. 

Mengenal Apa Itu Pasar Uang

Definisi dari pasar uang sendiri yaitu salah satu kegiatan perdagangan berupa surat berharga atau dikenal dengan bursa efek. Ini bertujuan untuk memenuhi permintaan dan penawaran dana dalam kurun jangka waktu yang pendek dengan tidak ada batasan tempat. Nama lain atau istilah lain dari pasar uang ini adalah pasar kredit jangka pendek. Hal ini dikarenakan pasar uang memiliki kurun waktu yang sangat pendek dan tujuannya hanya membantu orang yang sedang membutuhkan dana. 

Hal itupun bisa menjadi ciri khusus dan mudah dikenali apakah iru termasuk pasar uang ataupun bukan. Adapun beberapa fungsi pasar uang diantaranya dapat meningkatkan laju pembangunan negara, dapat mencegah terjadinya krisis, dapat menghimpun dana dari masyarakat yang berlebih, dapat menjadikan sebagai investasi dengan resiko rendah kepada para investor. 

Mengenal Apa Itu Pasar Modal

Pasar uang dan pasar modal ini sama sama tergolong pasar abstrak namun keduanya memiliki ciri-ciri yang berbeda. Definisi pasar modal sendiri yaitu salah satu perdagangan bursa efek yang memiliki waktu yang efisien dan hanya bisa digunakan pada bursa efek.  Pasar modal sendiri berkaitan dengan kegiatan seperti penawaran umum, perdagangan efek baik dari perusahaan public maupun yang lainnya. 

Pasar modal sendiri memiliki fungsi diantaranya dapat menjadi penambah modal bagi yang usaha, dapat meningkatkan kapasitas produksi, dapat meratakan pendapatan, dapat meningkatkan pendapatan negara serta bisa menjadi sebuah indikator perekonomian sebuah negara. Artinya jika aktivitas pasar modal pada suatu negara tergolong meningkat maka tentu ini mengindikasikan bahwa aktivitas bisnis pada negara tersebut juga meningkat. 

Adapun surat-surat berharga yang bisa masuk golongan pasar modal diantaranya reksadana, saham, obligasi, derivative dan ETF. Buat Anda yang ingin berperan untuk investasi di pasar modal, tentu pasar modal ini bisa menjadi solusi terbaik karena nilai investasi akan ikut berkembang mengikuti pertumbuhan ekonomi, Selain itu Anda juga mendapatkan dividen yang mana jika Anda memiliki saham. Oleh sebab itulah, sangat bermanfaat jika investasi Anda ke pasar modal. 

Dari penjelasan di atas, tentunya Anda sudah mengenali dan mempunyai gambaran mengenai pasar uang dan pasar modal. Dengan hal ini, Anda tidak hanya mengenal pasar konvensional namun juga pasar yang sifatnya abstrak namun bisa menghasilkan pendapatan. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga lebih update dan memperluas pemikiran.    

Leave a Comment

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: