Cara Mengatasi Jerawat Batu Yang Benar Agar Tak Semakin Parah

Salah satu jenis jerawat yang pastinya sangat mengga adalah jerawat batu. Selain dapat menurunkan tingkat rasa percaya diri, jerawat batu juga menimbulkan rasa sakit serta rasa tidak nyaman karena ukurannya cukup besar, warnanya kemerahan, dan berisi nanah. Karena hal tersebutlah, seseorang dengan jerawat batu akan mencari berbagai cara mengatasi jerawat batu agar jerawat ini bisa segera hilang di wajah.

Jerawat sendiri dapat muncul di mana saja, terutama di wajah, ini disebabkan karena pori-pori tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati, selain itu jerawat juga dapat muncul karena bakteri yang terperangkap di bawah kulit, sehingga menimbulkan kemerahan. Lantas cara apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat batu?

Penanganan Jerawat Batu

Jeraw batu jelas tidak boleh dibiarkan begitu saja, maka dari itu jika Anda memang memiliki jerawat batu maka segara untuk mengatasinya, dan perlu penanganan yang tepat agar tidak semakin parah. Nah, beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi jerawat batu adalah sebagai berikut.

1. Pemberian Obat Oles

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat batu adalah dengan memberikan obat oles. Obat oles tradisional dapat digunakan adalah obat yang mengandung retinoid atau vitamin A. Obat oles dengan kandungan ini dapat gunakan untuk menghilangkan dan mencegah jerawat menjadi lebih parah.

Retinoid untuk obat oles jerawat biasanya berbentuk gel, krim, dan losion. Selain retinoid, Anda juga dapat menggunakan obat oles yang memiliki kandungan asam salisilat dan dapsone. Untuk asam salisilat dari obat oles jerawat dapat untuk mencegah penyumbatan di pori-pori, dan dapsone sendiri dapat untuk meredakan jerawat yang sedang meradang.

2. Pemberian Obat Minum

Agar hasil maksimal dan jerawat cepat hilang, maka pemberian obat dari dalam juga sangat dibutuhkan. Obat dari dalam atau obat yang diminum bisa menggunakan antibiotik. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, jika jerawat bisa muncul karena bakteri. Nah, antibiotik digunakan untuk mencegah pertumbuhan bakteri.

Pemberian antibiotik tak sembarang, sebab harus disesuaikan dengan jenis jerawat, usia, dan juga kondisi kesehatan secara umum. Maka dari itu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsi antibiotik.

3. Terapi

Ada juga beberapa terapi yang dapat dilakukan untuk mengobati jerawat batu selain menggunakan obat minum dan obat oles. Beberapa terapi yang dapat Anda lakukan adalah terapi cahaya, ekstraksi atau pengeluaran jerawat dengan cara dan alat khusus, peeling, dan sebagainya.

Tapi semua terapi untuk cara mengatasi jerawat batu harus dilakukan oleh dokter spesialis kulit secara langsung.

Itulah beberapa cara mengatasi jerawat batu yang dapat Anda lakukan dan pastinya lebih aman dilakukan, dibandingkan memencet jerawat. Ini bisa mengakibatkan infeksi yang berkelanjutan dan bisa menimbulkan bekas yang sulit hilang. Pola makan sehat bisa dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan jerawat, silakan lakukan cara diet sehat alami untuk bisa mengontrol makanan yang masuk ke tubuh.

Leave a Comment

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: