Cara Turunkan Berat Badan Aman Dan Sehat

Masih percaya penggunaan pil diet yang bisa membantu menurunkan berat badan? Daripada mengonsumsi pil diet yang memiliki banyak risiko, lebih baik gunakan cara alami yang lebih aman. Cara turunkan berat badan perlu dilakukan secara konsisten agar bisa mendapatkan hasil yang lebih optimal. Tubuh setiap orang membutuhkan waktu untuk dapat beradaptasi, agar tidak stress saat melakukan pola diet secara tiba-tiba. Berikut ini cara untuk menurunkan berat badan dengan pola hidup sehat.

Perlu Mengukur Kalori

Hal pertama yang penting untuk dilakukan bagi Anda yang ingin diet yaitu mengukur kalori sesuai dengan kebutuhan tubuh. Bagaimana cara menghitung kalori? Perhitungan kalori bisa dilakukan dengan menggunakan kalkulator BMR yang saat ini sudah banyak diperjualbelikan secara online.

Makan dengan Teratur

Cara diet sehat alami bisa dilakukan dengan menjaga pola makan teratur. Misalnya Anda terbiasa sarapan pada pukul 8 pagi, maka usahakan dalam hari-hari berikutnya sarapan dengan jam yang sama. Aturan tersebut berlaku untuk makan siang dan juga makan malam. Perlu diketahui, pola makan yang tidak teratur bisa mempengaruhi gula darah atau kadar insulin. Jadi, jangan terlalu dipaksakan untuk tidak makan, karena bisa memicu risiko terjadinya penyakit.

Hindari Mengonsumsi Lemak Jenuh Pada Saat Sarapan

Saat sarapan, usahakan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak baik dalam mengawali hari. Jika Anda terlalu banyak makan dengan kandungan lemak jenuh tinggi, akan membuat tubuh merasa mudah lelah dan cepat lapar. Kondisi demikian akan membuat nafsu makan sulit ditahan, tanpa sadar akan mempengaruhi kondisi berat badan semakin meningkat.

Konsumsi Banyak Vitamin dan Mineral

Tubuh biasanya memang banyak membutuhkan vitamin dan mineral yang berguna untuk melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh. Bagaimana caranya? Perbanyak konsumsi air putih minimal 2 liter per hari atau disesuaikan dengan kebutuhan badan. Cara turunkan berat badan yang lebih efektif lagi yaitu dengan mencukupi serat yang diperoleh dari buah-buahan.

Kurangi Makanan Junk Food dan Gula

Sudah bukan hal umum lagi, gula memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, batasi jumlah asupan gula yang akan masuk ke dalam tubuh. Bagi Anda yang suka minum kopi atau teh, sebaiknya pertimbangkan dengan membatasi asupan kafein. Anda bisa mengganti kopi dengan menu kopi susu Americano yang kafeinnya lebih rendah dibandingkan jenis kopi lainnya. Selain itu, berhenti untuk mengonsumsi junk food untuk bisa menurunkan berat badan dengan optimal.

Melakukan Olahraga dengan Teratur

Cara turunkan berat badan yang lebih cepat yaitu dengan melakukan olahraga secara rutin. Olahraga yang efektif bisa dilakukan selama 150 menit per minggunya. Setidaknya luangkan waktu sebentar untuk melakukan olahraga ringan minimal 10-30 menit per harinya. Jika Anda tidak pernah berolahraga, mulailah olahraga dengan intensitas rendah kemudian tingkatkan seiring berjalannya waktu dengan melakukan jogging, treadmill dan hit cardio.

1 thought on “Cara Turunkan Berat Badan Aman Dan Sehat”

Leave a Comment

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: