Ketahuilah 3 Persamaan Pasar Uang dan Pasar Modal!

Seorang pemula yang ingin melakukan investasi tetapi tidak memiliki modal, bisa menggunakan  pasar uang  dan pasar modal. Pilih salah satu, agar lebih mudah menentukan tujuan investasi anda. Mendengar dua istilah tersebut pasti membuat anda ragu dan bingung. Bagaimana cara lembaga tersebut bekerja? Akan berakibat fatal atau tidak di kedepannya? Untuk itu anda harus mempelajari  persamaan pasar uang dan pasar modal agar bisa memaksimalkan investasi anda. Berikut beberapa pembahasan mengenai persamaan kedua lembaga tersebut. 

Berfungsi Sebagai Keuangan Internasional

Sebagai pasar keuangan internasional, kedua lembaga ini bisa membuat investor untuk melakukan sekuritas utang.  Maksud dari sekuritas utang adalah sebuah surat berharga antara pemberi modal dan penerima dana untuk perjanjian pembayaran.  Pada pasar modal banyak sekali surat berharga lainnya sedangkan pasar uang akan memberikan hutang pada jangka pendek. 

Melihat perkembangan ekonomi saat ini, penggunaan pasar modal dan pasar uang lebih populer lagi. Banyak anak-anak muda yang mendominasi perinvestasian ini. 

Tidak Memiliki Wujud

Pergerakan keuangan pada kedua pasar ini bisa menghasilkan milyaran dollar.  Untuk itu pasar ini memiliki peran penting bagi perekonomian negara.  Hal ini karena pemerintah dan bisnis selalu bergantung pada mobilitas kedua pasar tersebut untuk memperluas kegiatan dan membayar operasi. 

Persamaan pasar uang dan pasar modal tersebut sangat mudah digunakan karena tidak memiliki wujud. Kebanyakan menggunakan sebuah platform perdagangan yang terkomputerisasi.  Untuk itu kedua asar ini memiliki peluang sangat tinggi untuk perekonomian global. 

Saling Mempengaruhi Satu Sama Lain

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa pasar modal dan pasar uang merupakan bagian dari pasar keuangan global. Untuk itu mobilitas kedua pasar akan saling mempengaruhi.  Apabila ada sebuah kebijakan yang akan mengatur pasar keuangan maka dampaknya bisa mempengaruhi pergerakan pasar modal. Misalnya terjadi penurunan suku bunga yang di acu dari Bank Indonesia. Hal ini akan mempengaruhi pasar modal pula. Hal ini termasuk pada instrumen kedua pasar yang dapat mempengaruhi investasi institusi maupun ritel. 

Dari penjelasan mengenai persamaan pasar uang dan pasar modal di atas, bisa dibuktikan bahwa kedua lembaga tersebut memiliki peran penting bagi tumbuh kembang suatu perekonomian negara.  Kalau anda bisa mengamati secara detail, banyak sekali platform investasi yang bisa anda gunakan.  Bahkan banyak manfaat yang bisa anda rasakan. Untuk pasar modal sendiri salah satu manfaat yang bisa anda peroleh adalah sebagai wadah untuk menanamkan modal anda dan mendapatkan sebuah keuntungan. Sedangkan pasar uang mampu membantu anda dalam mendapatkan sebuah dana dalam waktu yang tempat dan nominal tertentu.  Untuk itu sebagai pemula, anda harus memahami betul tentang kedua pasar tersebut. Baik dari segi jenis, fungsi, dan peraturan yang mengikat keduanya. 

1 thought on “Ketahuilah 3 Persamaan Pasar Uang dan Pasar Modal!”

Leave a Comment

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: