Connect with us

Ekonomi

PLN Tambah Kabel Bawah Laut Listriki Kawasan Gili Trawangan

Published

on

tabulanews.id – PLN menambah sarana pasokan listrik ke tiga gili yakni Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan. Tambahan dua kabel laut 20 Kilovolt (Kv) membentang sepanjang masing-masing 4,7 km. Penambahan kabel laut menanggapi tren lonjakan beban listrik di kawasan destinasi wisata unggulan itu yang mencapai 5 Megawatt (Mw) di pertengahan 2018.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Rudi Purnomoloka menjelaskan, penambahan kabel listrik tersebut untuk mengantisipasi kebutuhan listri tiga gili yang terus meningkat.

“Listrik merupakan faktor penting dalam mendukung kemajuan pariwisata. Kawasan tiga gili ini merupakan destinasi favorit wisatawan,” ucapnya dalam keterangan tertulis yang diterima tabulanews.id Rabu (28/11/2018).

Pertumbuhan beban listrik sejalan dengan pertumbuhan jumlah wisatawan. Pertumbuhan beban listrik, khususnya di Kawasan Tiga Gili selalu meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2014 beban listrik di Kawasan tiga gili baru mencapai 2 Mw, namun meningkat menjadi, 4,2 Mw pada tahun 2016, dan 4,6 Mw pada tahun 2017. Pada pertengahan tahun 2018, beban kembali meningkat menjadi 5 Mw.

Rudi menjelaskan, penambahan kapasitas listrik dilakukan dengan menambah dua buah kabel laut 20 Kv masing- masing sepanjang 4,7 kilometer sirkuit (kms) yang menghubungkan pulau Lombok dengan kawasan tiga gili.

PLN sebelumnya juga telah memasang dua buah kabel laut 20 Kv. Penambahan dua kabel total sepanjang 9,4 kilometer sirkuit (kms) melengkapi rencana operasional Gardu Induk Tanjung, yang dapat meningkatkan kapasitas daya listrik untuk kawasan tiga gili dari 16 Mw menjadi 36 Mw.

“Dengan kapasitas yang besar, investor tentu tidak akan lagi khawatir dengan ketersediaan listrik di Kawasan Tiga Gili,” ujar Rudi. Selain untuk menambah kapasitas, penambahan kabel laut ini juga akan meningkatkan keandalan listrik di kawasan tiga gili.

“Tiga gili ini kan menjadi destinasi utama, jangan sampai kalau nanti ada gangguan di satu kabel laut, tidak ada cadangannya. Tambahan kabel laut yang kita pasang ini jadi back up, supaya listrik di kawasan tiga gili tetap andal,” tandasnya.

Pembangunan kabel laut telah mendapatkan izin-izin dari badan-badan terkait, baik di tingkat pusat maupun provinsi. Selain itu, dari sisi keamanan, kabel laut yang dipasang telah dilapisi pengaman khusus dan ramah lingkungan. Tujuannya agar tidak mengganggu ekosistem laut.

Materi komposisi kabel bahan pelindungnya telah disesuaikan agar dapat menjadi tempat tumbuhnya terumbu karang. Selain itu, posisi kabel juga tidak akan mengganggu lalu lintas kapal nelayan dan pariwisata.

Pembangunan kabel laut tambahan untuk kawasan tiga gili ini direncanakan selesai pada Desember 2018 dan akan beroperasi pada Januari 2019.

Data Dinas Pariwisata Provinsi NTB menunjukan bahwa angka pada tahun 2017 jumlah wisatawan yang berkunjung ke NTB telah mencapai 3,5 juta wisatawan. Jumlah tersebut meningkat dari tahun 2016 yang hanya sejumlah 3,2 juta wisatawan.

Kawasan tiga gili menjadi destinasi utama NTB, khususnya bagi wisatawan asing. Sementara pada tahun 2018, ditargetkan jumlah kunjungan wisatawan ke NTB mencapai 4 juta wisatawan.

Continue Reading
Click to comment

Komentar

Ekonomi

Menpar Berkomitmen Jadikan MotoGP Mandalika sebagai Event Terbaik Dunia

Published

on

By

[Foto: Humas Pemerintah Provinsi NTB]
tabulanews.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio dan Wakil Menteri, Angela Herliani Tanoesoedibjo didampingi Gubernur NTB, Zulkieflimansyah meninjau progres pembangunan Sirkuit MotoGP, di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kuta Kabupaten Lombok Tengah, Rabu (27/11).

Dalam kunjungan itu, Menpar berkomitmen akan menjadikan event MotoGP tahun 2021 di Mandalika menjadi event paling bergengsi di Indonesia, bahkan menjadi yang terbaik dari yang pernah ada di dunia.

“MotoGP, Itu akan jadi event motoGP yang terbaik yang pernah ada, Insya Allah,” katanya kepada Awak media.

Untuk menyambut perhelatan MotoGP 2021 dan mempercepat kemajuan pariwisata KEK Mandalika. Kementerian pariwisata dan pemerintah daerah akan terus bersinergi untuk bagaimana terus meningkatkan infrastruktur.

Terkait pembangunan Pariwisata Mandalika, Menpar mengingatkan bahwa destinasi pariwisata itu harus punya dampak secara langsung kepada masyarakat sekitar, khususnya di sektor ekonomi kreatif.

Baca Juga: MotoGP Balap Perdana di Sirkuit Mandalika Lombok Tahun 2021

“Fungsinya tempat pariwisata itu harus punya dampak secara langsung kepada masyarakat, khususnya yang bisa saya lihat adalah di ekonomi kreatif,” ujarnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan kepada ITDC, agar kemajuan pembangunan industri pariwisata di Kawasan Mandalika, harus punya dampak terhadap penciptaan lapangan pekerjaan dan job creation. Seperti kuliner, fashion, kriya, bahkan nanti videografi, fotografi, wedding planner, dan lain sebagainya.

Ia berharap pada saat kawasan KEK Mandalika sudah jadi, infrastruktur pendukung jadi, maka akan banyak event-event yang akan dihelat di Mandalika. Seperti wedding, MICE, meeting, exhibition, yang diharap banyak melibatkan masyarakat di NTB, khususnya masyarakat sekitar agar tidak jadi penonton.

“Pada saat kawasan ini jadi, infrastruktur ini jadi, akan ada wedding, MICE, meeting, exhtibition, banyak site event, kegiatan yang begitu banyak harus melibatkan masyarakat di Lombok,” tuturnya.

Menpar juga mengingatkan bahwa  tujuan dari pembangunan yang diusahakan seperti sekarang ini, harus punya dampak lapangan pekerjaan, job creation. Menurutnya hal itulah yang paling penting, sehingga akhirnya akan berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Jangan sampai pembangunan infrastruktur itu tidak dirasakan oleh masyarakat di daerah tersebut. Pembangunan yang kita usahakan seperti sekarang ini harus punya dampak lapangan pekerjaan, job creation, itu yang penting, nah itu baru akhirnya menjadi kesejahteraan buat masyarakat,” pungkasnya.

Continue Reading

Ekonomi

Dispar Menargetkan Jumlah Wisnu dan Wisma Capai 800 Ribu tahun 2020

Published

on

By

[Foto: Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, Drs. I Made Swastika Negara]
tabulanews.id – Pasca gempa Agustus 2018 lalu, Pemerintah Kota Mataram optimis, jumlah wisatawan nusantara (Wisnu) dan wisatawan mancanegara (Wisma) yang akan berkunjung ke kota Mataram pada tahun 2020 mendatang capai 800 ribu wisatawan.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, Drs. I Made Swastika Negara mengatakan, jumlah kunjungan Wisnu dan Wisma ke kota Mataram mulai menggeliat pasca rekonstruksi akibat gempa Agustus 2018 lalu.

Jumlah kunjungan Wisma dan Wisnu untuk tahun 2019 ini, Dispar Kota Mataram belum bisa melihat jumlah data riilnya. “Saat ini, petugas saya masih turun mengecek ke lapangan. Tapi, kita sudah lihat sendiri, kondisi Lombok khsusunya kota Mataram ini sudah semakin membaik,” imbuh Made saat dikonfirmasi Tabulanews.id, Senin (25/11).

Pada tahun 2019 ini ujar Made, Dispar kota Mataram memang belum bisa mencapai target kunjungan Wisnu dan Wisma di atas 700 ribu pengunjung. Ia pun mengira, jumlah kunjungan Wisma dan Wisnu ke kota Mataram masih di bawah 80 persen dari target tersebut.

“Tapi, kita akan coba naikkan sampai 800 ribu kunjungan nanti pada tahun 2020.Saya lihat, dari kunjungan Wisma memang lebih sedikit. Pasca gempa lalu,” katanya.

Baca Juga: Kebangkitan Pariwisata Lombok, Berlabuh di Gili Mas, Kapal Pesiar Sun Princess Bawa 1.988 Wisatawan

Salah satu upaya untuk menaikkan jumlah kunjungan Wisnu dan Wisma ke kota Mataram, kata Made, Pemkot Mataram akan mengadakan event ‘Festival Mentaram’ yang direncanakan digelar minggu ini. “Tapi, kita akan lapor ke pak Wali dulu. Apakah disepakati atau tidak, karena itu bagian dari upaya untuk menarik kunjungan Wisnu tadi,” papar Made.

“Selama ini juga, upaya promosi ke luar daerah kita sudah lakukan. Jadi, kemarin kita ke Jogjakarta untuk promosi. Pada event ‘Festival Mentaram’ nanti, Wisnu dari Bangka sudah memesan 20 orang dan dari Gunung Kidul sebanyak 35 orang akan menginap di kota Mataram,” imbuh Made.

Adapun untuk gelaran Festival Mentaram, Dispar kota Mataram masih menunggu ACC dari pak Walikota. Dispar sendiri sudah menyiapkan beberapa rangkaian kegiatan seperti pawai, parade budaya dan lainnya.

“Nanti pelaksanaannya tidak lagi di jalan. Sekarang, saya akan coba skenariokan menggunakan lapangan. Sehingga kegiatan itu konsen di satu lokasi,” pinta Made.

Pada saat pawai sendiri, Pemkot Mataram tidak lagi mengedepankan kuantitas. Akan tetapi, untuk pawai budaya pada event Festivel Mentaram mendatang ini, Pemkot khawatir bukan lagi menjadi pawai dan parade budaya melainkan menjadi pawai manusia. “Dari itu kita akan tampilkan yang berkualitas saja nanti,” katanya.

“Itu (peserta, red) kita akan ambil dari beberapa SMA di Mataram dan enam kecamatan di Mataram,” katanya.

Tujuan dari ‘Festival Mentaram’ ini kata Made, untuk menghibur masyarakat kota Mataram sebagai bentuk pemulihan wisata di Kota Mataram. Sekaligus juga sebagai ajang promosi dalam melestarikan budaya kota Mataram.

“Kita akan tampilkan semua budaya dari kota Mataram. Kira-kira begitulah,” tutupnya.(ris)

Continue Reading

Ekonomi

Klarifikasi Pemadaman Listrik, Komisi IV DPRD NTB Panggil PLN

Published

on

By

[Foto: Komisi IV DPRD NTB Panggil PLN terkait pemadaman listrik]
tabulanews.id – Dalam beberapa hari terakhir ini, banyak sekali terjadi pemadaman listrik dihampir semua wilayah di Pulau Lombok. Pemadaman bergilir tersebut juga berlangsung dalam waktu yang cukup lama, dan dilakukan secara berturut-turut. Kondisi tersebut kemudian memicu keluhan secara masif ditengah-tengah masyarakat soal pelayanan yang diberikan oleh PLN.

Merespon keluhan masyarakat terhadap aksi pemadaman listrik tersebut, Ketua DPRD Provinsi NTB, Hj. Baiq Isvie Rupaeda akhirnya angkat bicacara. Ia mengatakan sebagian bentuk keseriusannya menindaklanjuti keluhan masyarakat tersebut. Pimpinan Dewan telah menginstruksikan ke Komisi IV yang membidangi urusan energi untuk memanggil pihak PLN, supaya memberikan penjelasan alasan terjadinya pemadaman listrik tersebut.

“Tentu PLN punya alasan-alasan mengapa melakukan pemadaman. Tapi alasannya itu kan tidak kita ketahui, sehingga perlu kita ketahui. Karena itu tadi langsung saya sampaikan ke komisi terkait untuk menindaklanjuti laporan masyarakat ini,” ujar Isvie.

Selasa, 12 November 2019, Komisi IV pun melakukan pemanggilan kepada PLN untuk menanyakan pemadaman listrik yang terjadi. Pertemuan dengan pihak PLN tersebut, langsung dipimpin Ketua Komisi IV, Ahmad Fuaddi. Dikatakannya mewakili masyarakat NTB, khususnya Pulau Lombok, pihak PLN diminta segera berupaya melakukan upaya nyata untuk menghentikan kegiatan pemadaman listrik.

“Kami tidak ingin pertemuan ini hanya sebatas formalitas saja, yang kami butuhkan adalah solusi dan kepastian. PLN kami harap segera bersikap dan memberikan solusi terbaik dalam menangani persoalan listrik di Lombok, kasihan masyarakat. Dan perlu menjadi perhatian, pertemuan ini tidak sampai disini saja, kami akan terus mengawasi PLN, karena kami juga diawasi oleh masyarakat. Jadi mari bersama-sama mengatasi persoalan ini dan membuahkan solusi terbaik,” tegasnya.

Sementara itu, anggota komisi IV, dari fraksi PDIP, Ruslan Turmudzi pada kesempatan itu memberikan saran kepada PLN agar persoalan ini tidak terkesan berlarut-larut. Dimana ia menyarakan agar PLN menyewa sebuah mesin untuk mengatasi persoalan kelistrikan yang terjadi.

“Kalau kita berkaca sebelumnya, ketika listrik mati atau kekurangan daya pemerintah bisa mensiasatinya dengan menyewa mesin untuk menambah daya dan sebagainya. Nah inikan bisa menjadi solusi, supaya listrik jangan padam terus. Pemadaman ini mau sampai kapan? Kasihan masyarakat (pelanggan),” katanya.

Naufar Furqony Farinduan dari fraksi Gerindra, menyambung pernyataannya Ruslan itu, mengaku sangat menyayangkan sikap PLN yang kurang memberikan informasi kepada masyarakat terkait pemadaman tersebut. Seharusnya kata dia, PLN lebih maksimal memberikan informasi, sehingga masyarakat dapat mengetahui apa persoalan atau penyebab terjadinya pemadaman.

Ketua Fraksi Gerindra tersebut, tidak menginginkan persoalan ini semakin meluas. “Ini kita mau bagaimana, dan mau sampai kapan. Harus ada solusi kongkrit dari PLN, jangan terkesan berlarut-larut. Bagaimana kalau seandainya tiba-tiba mati listrik saat orang berada dalam lift?, terus dihotel – hotel ketika masak listrik mati, semua bahan di kulkas jadi rusak kan kasihan, belum lagi masyarakat kita yang lainnya,” ujarnya.

“Kalau listrik mati terus seperti ini, apakah ada kompensasi bagi masyarakat? PLN seharusnya memberikan kompensasi atas kejadian ini. Intinya kita minta harus ada solusi dari persoalan ini, jangan berlarut-larut,” tegasnya.

Sementara itu, PLN Wilayah NTB melalui Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mataram, Dony Noor Gustiarsyah, menyampaikan faktor penyebab terjadinya pemadaman listrik, pertama yakni meningkatnya penggunaan listrik dengan tajam sehingga pembangkit listrik di Jeranjang sampai jebol.

Tercatat penggunaan beban listrik di NTB pada beberapa bulan terakhir ini memang mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pada bulan Januari 2019, beban hanya mencapai 225 MW, sementara pada bulan November ini bebannya telah meningkat menjadi 259 MW. Naik sebesar 34 MW dalam kurun waktu 10 bulan.

Dipaparkanya, dalam kondisi normal, sistem kelistrikan Lombok memiliki daya mampu sebesar 270 MW, dengan beban puncak mencapai 259 MW. Dengan adanya pemeliharaan pembangkit dan menurunnya kemampuan beberapa PLTMH membuat daya mampu sistem kelistrikan Lombok saat ini hanya sebesar 223 MW, sehingga Lombok memiliki defisit daya listrik sebesar 36 MW.

Beberapa upaya yang dilakukan PLN untuk memenuhi kebutuhan daya listrik antara lain dengan mempercepat pengoperasian PLTMGU Lombok Peaker berkapasitas 150 MW. PLTMGU Lombok Peaker direncanakan dapat memperkuat sistem kelistrikan Lombok pada akhir Desember 2019. Selain itu PLN juga mempercepat proses pemeliharaan beberapa unit pembangkit yang ada di PLTD Ampenan dan PLTD Paokmotong yang saat ini sedang memasuki masa pemeliharaan.

“Pemeliharaan ini terpaksa kami lakukan untuk menghindari kerusakan yang akan menyebabkan pemadaman meluas. Kami akan berupaya maksimal, 24 jam lakukan pemeliharaan agar pembangkit yang ada bisa secepatnya kembali memasok listrik,” jelas Dony.

Continue Reading

Trending