Tips Memilih Tutorial VBA Excel Dan Lainnya Yang Tepat

Excel memang telah memiliki banyak pengguna setianya, sehingga banyak kantor yang memakainya untuk berbagai keperluan yang terkait. Sehingga tiap pegawai dan pihak yang hendak menjalin kerjasama dituntut untuk bisa dan tahu mengenai fungsi dan cara pemakaiannya. Bagi yang belum bisa maka perlu mempelajari tutorial VBA Excel terlebih dahulu.

Pentingnya Tutorial dan Tips Memilihnya

Tutorial sebagaimana tutorial unreal engine 4 atau tutorial VBA Excel yang cukup simple dan mudah atau 

Tutorial android studio yang cukup rumit namun banyak diperlukan seiring dengan makin populernya dan banyaknya pengguna OS android, ataupun tutorial cara menggunakan aplikasi termux atau juga android studio kotlin tutorial ataupun windowbuilder eclipse tutorial dan tutorial create terrain unity, serta tutorial pemrograman lainnya akan mengajarkan step by step tiap langkah sejak awal hingga akhir, sehingga bisa memahami dan bisa menggunakannya dengan mudah. Tips untuk memilih tutorial ialah baca dulu ringkasannya, pilih yang bahasanya terstruktur dengan baik, dan mudah dipahami, tidak berbelit-belit, lalu pilih tutorial yang aplikatif, yakni tak hanya membahas definisi dan teori namun juga menyertakan contoh cara penerapannya. 

Apa itu VBA Excel

VBA ialah singkatan dari Visual Basic for Application yakni bahasa Visual Basic yang dikembangkan oleh pihak Microsoft. Sedangkan Visual Basic ialah turunan bahasa pemrograman BASIC (Beginners’ All-purpose Symbolic Instruction Code) yang sejak tahun 1963 telah dikembangkan oleh John George Kemeny dan Thomas Eugene Kurtz dari Dartmouth College, dan kini banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Bahasa pemrograman komputer tersebut diperlukan agar manusia bisa berkomunikasi dengan mesin komputer, yakni untuk memberikan instruksi atau perintah guna menjalankan suatu fungsi tugas tertentu. Jika VB digunakan untuk membuat suatu aplikasi yang berdiri sendiri atau Stand Alone, maka VBA bekerja terkait dengan suatu aplikasi tertentu. Jadi VBA Excel ialah VBA pada Excel yang tak dapat berfungsi tanpa Excel.

Tutorial Singkat VBA Excel

Dalam membuat macro maka bisa dengan merekam makro atau menuliskan kode di VBA.

Tutorial VBA Excel dengan Merekam Makro

Merekam makro ialah merekam langkah-langkah pada Excel yang lalu akan melakukan prosesnya dengan secara berulang, seperti berikut.

Persiapkan dokumen data-data yang ada pada Microsoft Excel. 

Lalu klik menu View di menu bar pada bagian atas layar.

Kemudian klik menu Macros

Lalu pilih menu Record Macro’, hingga muncul kotak dialog

Kemudian beri nama rekaman tersebut.

Lalu tekan menu Ok, maka makro akan mencatat tiap langkah serta tiap sel yang dipilih atau tiap klik yang dilakukan.

Berikutnya masuk ke bagian perhitungan persentase, misalnya.

Apabila proses perhitungan telah selesai, maka lalu dapat berhenti Merekam, dengan cara klik menu  Stop Record.

Uji rekaman macro dengan cara hapus nilai di bagian persentase dan lalu biarkan kosong.

Kemudian tekan kombinasi tombol CTRL+J guna mengecek hasilnya.

Lalu pada bagian makro, klik menu View Macro hingga bisa terlihat daftar makro yang ada.

Apabila hendak mengedit, cukup klik menu Edit, hingga muncul jendela kode untuk makro.

Tutorial VBA Excel dengan Menulis Kode

Berikut langkah caranya.

Klik menu Visual Basic di tab Developer, hingga muncul Editor VB yang menjadi tempat untuk menuliskan makro awal.

Sesudah VB Editor terbuka, akan ada jendela proyek yang menyimpan catatan modul, sebagai tempat untuk menuliskan kode serta properti proyek VBA.

Dapat pilih Module yang bisa diakses dari menu bar Insert. Ketika dilakukan klik sebanyak dua kali pada menu Module maka akan muncul jendela lain sebagai platform untuk menulis kode. 

Lalu tuliskan rumusan kodenya. 

Jangan lupa beri nama kode tersebut. 

Guna menampilkan nilai dalam VBA, maka pilih Fungsi Msgbox

Kemudian jalankan kode dengan cara menekan tombol F5 atau menggunakan menu Run hingga bisa terlihat hasilnya.

Django Example Website

Django ialah suatu kerangka kerja full stack guna pembuatan suatu aplikasi web yang menggunakan bahasa pemrograman python, yang bisa lebih ringkas dan singkat rumusan kodenya, secara stand alone, berbeda dengan VBA Excel yang tergantung pada Excel. Telah banyak website populer dengan pengguna yang banyak jumlahnya yang dibuat dengan Django, antara lain ada Instagram, dan Spotify, juga

YouTube, serta BitBucket dan DropBox, juga Pinterest dan Quora serta Pinterest dan lain sebagainya.

Cara menggunakan Git dan Cara menggunakan Github

Tutorial lainnya yang cukup populer dan banyak dicari ialah tentang cara menggunakan Git dan Github.  Git ialah software dengan basis VCS (Version Control System). Fungsinya ialah untuk mencatat perubahan seluruh file ataupun repository dari suatu project. Sedangkan Github ialah

layanan cloud. Fungsinya ialah untuk menyimpan serta mengelola suatu project dengan sebutan repository (repo git). Berbeda dengan Git yang bisa dilakukan secara offline tanpa harus terkoneksi dengan internet maka cara kerja pada GitHub justru harus terkoneksi dengan internet. Hal ini dimaksudkan agar  tidak perlu meng install software atau perangkat lunak pada hardware atau perangkat kerasnya. Dengan demikian maka akan bisa menjadi lebih ringan. Keduanya, baik Git maupun Github bertujuan untuk membantu kerja tim programmer dalam menyusun kode script, agar bisa menjadi lebih efisien, ringkas dan padat serta lebih ringan.

Cara menggunakan Bootstrap

Tutorial yang juga banyak diminati dan dicari ialah mengenai cara menggunakan Bootstrap. Twitter ialah salah satu yang dibuat dengan bootstrap. Pengertian Bootstrap ialah framework yang bisa dipergunakan untuk mengembangkan website, dengan mudah dan cepat sangat cocok bagi yang malas membuat rumusan kode. Bootstrap merupakan suatu library framework CSS yang dibuat secara khusus pada bagian pengembangan front end suatu website. Bootstrap ini ialah salah satu dari framework HTML, dan CSS serta javascript yang paling banyak diminati dan telah terkenal di kalangan pengembang program web developer.

Bisa dikatakan hampir seluruh web developer sudah pernah menggunakan bootstrap untuk membuat tampilan front end karyanya secara cepat dan mudah. Hal ini dimungkinkan, sebab hanya perlu untuk menambahkan class-class tertentu saja, seperti class untuk membuat tombol, atau grid, atau navigasi dan lain sebagainya, dan telah disediakan kumpulan komponen class interface dasar yang sudah dirancang dengan sedemikian rupa guna menghasilkan tampilan web yang menarik, dan bersih serta ringan. Lalu selain komponen class interface, maka bootstrap juga mempunyai fitur grid dengan fungsi untuk mengatur layout pada halaman website yang dapat segera dipakai dengan cepat dan mudah. Uniknya bootstrap juga menyediakan keleluasaan dalam pengembangan tampilan website dengan cara menambahkan class serta CSS khusus sendiri.

Cukup banyak tutorial penting yang banyak dicari guna membantu memahami dan mempelajari fungsi serta cara penggunaan suatu sistem atau metode tertentu. Para pengguna software Excel tentunya sangat memerlukan tutorial cara membuat VBA Excel guna melancarkan pekerjaannya. Sedangkan para pengembang program akan memerlukan tutorial guna mempermudah pekerjaannya.

10 thoughts on “Tips Memilih Tutorial VBA Excel Dan Lainnya Yang Tepat”

Leave a Comment

You cannot copy content of this page

%d bloggers like this: